Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Asal Mula Zombie


 1. Asal Mula Zombie
                Pernahkah kalian melihat film, cerita, atau game yang bertemakan zombie. Manusia yang telah mati namun hidup kembali atau manusia yang masih hidup namun dikendalikan oleh virus, parasit, atau dirasuki roh jahat dan suka memakan daging semua makhluk hidup secara mentah-mentah seperti dalam film The Walking Dead. Dalam kehidupan nyata sebenarnya zombie itu ada namun mereka tidak sepenuhnya sama seperti yang digambarkan dalam film, game atau cerita yang sering kita ketahui.

Menurut kabar yang beredar, zombie berasal dari Haiti suatu tempat di kepulauan Karibia. Zombie sebenarnya adalah manusia yang masih hidup hanya saja diberi semacam racun oleh voodoo. Racun ini membuat si korban tampak mati padahal si korban hanya mengalami koma atau mati suri. Setelah korban dikuburkan beberapa jam atau hari kemudian pelaku akan menggali kuburan si korban dan memberinya makanan seperti pasta yang akan membuat si korban gila. Voodoo adalah semacam ritual keagamaan yang berasal dari haiti yang kemudian dipengaruhi oleh tradisi dari daerah Afrika Tengah hampir sama seperti dukun mereka juga bisa melakukan semacam santet penyembuhan secara ghaib dan praktek perdukunan lainnya. Tujuan merubah manusia menjadi zombie adalah untuk memperbudaknya.

2. Penelitian Tentang Zombie

gambar zombie
gambar zombie
2.1 Zora Neale Hurston

                Penelitian tentang fenomena zombie pernah dilakukan oleh Zora Neale Hurston pada tahun 1937 yang melakukan riset folklor di Haiti dan akhirnya ia menemukan kasus Felicia Felix-Mentor yang meninggal di usianya yang ke-29 dan telah dikubur pada tahun 1907. Namun penduduk sekitar meyakini bahwa mereka sering melihat Felicia yang meninggal 30 tahun lalu masih suka berkeliaran di jalan-jalan. Kasus serupa juga dijumpai pada orang-orang lain yang dikabarkan telah meninggal. Zora berusaha mencari kebenaran tentang kabar burung yang mengatakan zombie adalah manusia yang diberi semacam obat atau ramuan tertentu. Namun ia tidak berhasil berhasil menemukan orang yang mau membuka mulut tentang rahasia zombie ini.
                                                                                     
2.2 Wade Davis

                Beberapa puluh tahun kemudian, seorang ahli etnobotani bernama Wade Davis mengangkat kasus zombie ini dari sudut pandang farmakologi dalam dua buah buku yang berjudul The Serpent and The Rainbow  (1985) dan Passage of Darkness : The Ethnobiology Of The Haitian Zombie (1988). Menurut hasil penelitian Wade pada tahun 1982 ada dua jenis obat yang membuat manusia menjadi zombie.

3. Obat Pengubah Manusia Menjadi Zombie

3.1 Kulit Katak dan Ikan

puffer fish (ikan buntal)
katak buffo
katak bufo
              Ketika menemui voodoo di daerah tersebut Wade mengetahui bahwa dukun voodoo tersebut memberikan campuran kulit katak bufo dan ikan puffer (Ikan buntal atau fugu makanan yang lumrah di Jepang). Dengan cara mengoleskan racun ini ke kulit, luka, atau dengan mencampurkannya ke makanan si korban. Setelah beberapa menit kemudian korban akan terlihat seperti mati sehingga keluarga menganggap si korban telah meninggal dunia dan akhirnya menguburkannya.
 
3.2 Datura

                Setelah si korban di kuburkan, si dukun akan menunggu waktu yang tepat untuk menggali kuburan
rumput datura
si korban. Setelah menunggu hingga si korban menjadi zombie si voodoo akan memberikan makanan sejenis pasta yang terbuat dari datura (sejenis rumput jimson). Menurut ahli voodoo datura dapat memutuskan hubungan saraf otak, sehingga si korban menjadi seperti gila. Ketika itulah si korban akan menuruti semua perintah si voodoo atau majikannya karena pada saat itu si korban sudah tidak memilik akal, tidak memiliki kemauan, tidak tahu siapa keluarganya, bahkan ia tak tahu siapa dirinya sendiri. Sehingga si majikan bisa dengan mudah menyuruh-nyuruh para zombie ini meski tak diberi makfanan, minuman, dan diperlakukan bukan selayaknya manusia tanpa mengeluh mereka akan tetap melakukan perintah si majikan seprti robot. Pada tahap ini si korban telah memasuki tahap zombie semipermanen karena suatu saat si korban bisa saja sadar kembali. Oleh karena itu si korban akan selalu diberi makanan pasta datura tersebut.

                Sekian dulu berita unik dari saya. Tunggu berita misterius lain dari saya ya.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Zombi
               http://www.anehdidunia.com/2012/05/asal-usul-sejarah-legenda-zombie.html
                



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar